Muslihat Untuk Setan


Kang Soleh merupakan salah satu pengurus pondok pesantren langitan Tuban, ia dijuluki titisan abu nawas karena kelakuannya yang unik dan lucu. 

Suatu hari Kang Soleh mengumumkan kepada  semua santri pondok putra untuk menyiapkan banyak makanan dan minuman untuk acara makan bersama , anehnya semua makanan harus sangat pedas dan minumannya harus es kopyor. Semua santri mengangguk - ngangguk sambil keheranan.


Ketika semua makanan dan minuman sudah dihidangkan dan para santri siap untuk menghajar, Kang Soleh memberitahu para santri bahwa ketika mereka hendak makan mereka tidak usah membaca bismillah langsung makan saja, merekapun kebingungan dengan kelakuan Kang Soleh "ape mangan kok ora oleh moco bismillah, wong kok aneh" cletukan salah satu santri dengan bahasa jawa yang artinya "mau makan kok tidak boleh membaca bismillah, wong kok aneh", "sudah tidak usah bantah cepat makankata  Kang Soleh dengan nada tegas "inggih" jawab para santri.



Para santri mulai menghajar semua makanan yang sudah  tersedia mereka makan sambil meneteskan air mata karena menahan rasa pedas, ketika Kang Soleh melihat mereka sudah mulai kepedesan Kang Soleh memerintah mereka untuk segera meminum es  kopyor yang sudah dihidangkan. Yang membingungkan mereka adalah Kang Soleh menyuruh mereka harus membaca bismillah sebelum minum es kopyor tersebut, "Bismillah……." Ucap mereka, setelah mereka  sudah menghabiskan semua makanan dan minuman Kang Soleh menjelaskan semuanya kapada mereka. "Kenapa saya melarang kalian membaca bismillah ketika mau makan dan menyuruh membaca bismillah bila mau minum" tanya Kang Soleh , "kenapa Kang?" tanya mereka, "karena saya ingin menipu setan" kata Kang Soleh, "kok iso?" tanya santri ngeyel, "Begini lho, ketika saya memerintahkan kalian untuk tidak membaca bismillah jika hendak makan itu bertujuan agar setan ikut makan makanan yang sangat pedas biar ia kepedesan bersama kalian  dan perintah membaca bismillah bila mau minum agar setan tidak bisa ikut minum es kopyor bersama kalian, jadi pedas yang kalian alami hilang ketika kalian minum es kopyor dan setan masih kepedeaan karena tidak dapat minum es kopyorrr… Ha Ha Ha Ha…… rasain setan kurang ajar puas saya sekarang"  kata Kang Soleh, "mbodoni  setan lah ora popo tapi ojo mloro santri - santri koyok ngene kang - kang…" batin salah satu santri, "gara -  gara setan aku kenek mesisan.. hamput!" kata santri yang lain.

 

Posting Komentar

0 Komentar