Pencegahan Covid-19 Oleh Gerakan Masyarakat Mandiri



Mengenai Wabah Covid-19 yang sudah masuk di Indonesia sejak beberapa minggu yang lalu, kita tidak bisa mengaggap enteng, karena pandemi ini akan berdampak dalam banyak aspek di kehidupan kita, jika tidak ditangani dengan baik.

Kita sebagai Rakyat Indonesia, mengingat wilayah Indonesia yang luas dengan penduduk yang sangat banyak, tidak mungkin hanya mengandalkan pemerintah saja untuk menangani pandemi ini. butuh kesadaran dari masing-masing individu, Juga gerakan-gerakan kecil dari lembaga swadaya dan atau organisasi massa yang serentak dan konsisten, untuk menjaga lingkungannya agar tetap bersih dan sehat.

Maka, Hari ini (25/3) Gerakan masyarakat mandiri yang terdiri dari banyak elemen masyarakat bersama santri Ribath Ali BaSyah mengadakan menyemprotan disinfektan di lingkungan sekitar Ribath, sebagai tindakan nyata pencegahan virus.

Ketika selesai penyemprotan, kami berkumpul, untuk sekadar makan dan menyeruput kopi, membahas hal-hal tentang Covid-19, pencegahannya, dan fakta yang terjadi dilapangan.
“Gerakan penyegahan seperti ini seharusnya dilaksanakan serentak dan terus-menerus, agar penyebaran virus lekas tergerus” Ujar Pak Yazid.

Memang, tanpa gerakan penyegahan yang serentak dan terus-menerus, kita akan sulit mengantisipasi wabah Covid-19 ini, karena perkembangan dan perpindahan virus yang sangat cepat.

Maka, mari tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan, dan memerbanyak tndakan pencegahan wabah Covid-19 ini, salah satunya dengan penyemprotan disinfektan di lingkungan kita masing-masing. Setidaknya bisa kita mulai dari lingkungan keluarga kita, RT/RW, dan kelurahan tempat kita tinggal.

Dengan gerakan yang dilakukan secara kolektif, tentu biaya yang dikeluarkan akan semakin ringan. Dan dampak baiknya pun akan kita rasakan bersama-sama.

Posting Komentar

0 Komentar