Cukup Do’akan


Anugerah akal dari Alloh hendaknya dilatih untuk berfikir yang positif lagi progresif. Memang kadang kala tanpa disadari, ketika memandang hal-hal yang tidak cocok dengan hati, terbersit dalam pikiran menganggap hal tersebut buruk.

Apakah bersitan dalam pikiran mengenai keburukan orang lain ini dosa? Dalam kajian kitab Bughyatul Mustafid di jelaskan oleh Ustad Yusuf Muslih Tamami; apa-apa yang masih di dalam pikiran, belum terucap atau tertindak. Lalu di’istighfari atau ditobati. Maka, tidak termasuk dosa.

Yang menjadi bermasalah adalah bebasnya media sosial, memunculkan pengamat-pengamat amatir yang hobi nyinyir atau ghibah di sosmed. Pada setiap berita atau postingan yang sekiranya cocok atau tidak cocok dengan dirinya, dengan mudah netizen (pengguna internet) memberikan komen dan berbagai unek-uneknya. Tanpa ilmu dan kapasitas yang mumpuni pula.

Mbah Abdurrohmman Wahid ad-Dakhil jauh-jauh hari sebelum beliau wafat berpesan, agar masyarakat Islam dan Warga NU khususnya untuk meramaikan media sosial dengan konten-konten yang positif. Yang memupuk rasa persatuan, kerukunan, dan kekompakan. Beberapa ulama’ dan tokoh Islam sudah aktif di media sosial, untuk mengisi konten-konten yang berfaedah. Seperti Romo Guru Omda Luthfi yang aktif di Facebook, Gus Mus beliau aktif di Twitter, ada Gus Baha’, Gus Miftah, Gus Muwafiq, Ustad Abdul Somad, Ustad Adi Hidayat yang aktif di Youtube. Dan masih banyak lagi.

Kemajuan Informasi dan Teknologi yang cepat ini hendaknya menjadikan semakin meningkat keimanan kita, kokoh-kekeh-kuat keyakinan kita, dan mutlak hanya takut kepada Alloh swt. Karena kemudahan tersebut bisa digunakan untuk memermudah mempelajari sejarah, budaya, agama, sains, dan teknologi. Sebagai bekal untuk menjadikan diri semakin berkualitas.

Kita sebagai konsumen, hendaknya menjadi konsumen yang cerdas. Apa saja yang bisa di ambil dan cocok untuk kita. Pesan Guru Kami Romo Guru Omda Luthfi “Jangan berhenti belajar, teruslah membaca. Jangan mudah memuji apalagi membenci, cukup do’akan”.

Posting Komentar

0 Komentar