Bertransisi

Pada jaman modern ini banyak orang-orang yang melakukan sesuatu demi keinginannya sendiri yang selalu di kaitkan dengan landasan agama, apa yang mereka lakukan seoalah-olah sudah benar, hal yang salahpun sudah mereka anggap lumrah. Syahwat mengarungi hati seseorang dalam hal ini, karena sudah merasa mempunyai ilmu pengetahuan yang cukup untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang di inginkannya.

Untuk menarik kedalam diri apakah sudah melalui fase dalam menjalankan ilmu, sudahkah ilmu yang di jalankan memenuhi tingkatan yang ada,Dalam berilmu tentunya lebih awal mendahulukan adab agar ilmu tersebut berjalan sesuai dengan apa yang sudh mencetus ilmu tersebut. Norma-norma kemanusiaan sangat di  perhitungkan demi menjaga perasaan .apa gunanya ilmu jika mudah membuat sakit hati seseorang?

Di dalam teks pancasila yang tertulis pada sila ke 2 yang berbunyi "Kemanusiaan yang adil dan beradab". Di sini terdapat 3 makna yang harus di kaitkan dengan keilmuan yaitu Kemanusiaan, Adil dan Adab.

"Kemanusiaan" pikirkan hak orang lain sebelum melakukan sesuatu yang sudah kamu anggap benar.

"Adil" itu bisa di rasakan ketika yang bersangkutan merasa puas dengan apa yang di inginkan ,adil tidak harus sama , soal rasa atau kepuasan yang bisa mewakilinya."Adab" berperilaku baik kepada siapapun apa lagi yang dianggap lebih tua dan di tujukan kepada siapa.

        Di setiap kajian Romo guru Mbah Bening selalu menekankan untuk selalu memanusiakan-manusia mengalamkan-alam menuhakan-Tuhan. Dari landasan Al-Qur’an, hadis , pancasila selalu di kaitkan dalam kehidupan sehari-hari.Dalam satu kesatuan Adab,Ilmu,kemanusiaan harus saling berdampingan untuk meraih kehidupan yang harmoni hanya untuk mencari ridlo Alloh semata.

Posting Komentar

0 Komentar