Ringannya Lembaran Baru

Memilih menempuh kehidupan baru, tentunya tidak sembarangan layaknya membalik kertas yang penuh goresan dengan kertas putih baru bersama teman hidup, melainkan perlunya kesiapan dalam segala hal. Baik persiapan berupa mental, materi, dan sebagainya.

Bagi sebagian orang menyatakan bahwa, jika menikah itu butuh biaya, butuh ini, dan itu. Dan jika di pikir, pasti akan merogoh kantong hanya untuk membesarkan acara pernikahan. Memang benar, bahwa di dalam ajaran Islam, menikah di wajibkan untuk memberi kabar kepada saudarannya, tetapi tidak harus mewah. Dan hal itu telah di buktikan oleh Romo Guru kami menikahkan putra pertamanya. Malah lebih sederhana, tanpa mengadakan acara resepsi seperti sebagian banyak orang.

Dan Romo Guru kami pernah dawuh perihal undangan, bahwa "membagikan nasi kotak kepada tetangga sebelah, itu termasuk memberi kabar".

Selain biaya untuk acara pernikahan, sebagian orang menganggap, bahwa mahar itu harus berupa materi. Dan di dalam ajaran Islam tidak mewajibkan mahar itu harus berupa materi, hal itu tergantung dari pihak mempelai wanita yang akan di nikahi.

Susahnya, pada jaman sekarang yang serba materi menjadikan orang tua mengajarkan anaknya bahwa semua bisa diraih dengan materi. Hal itu mendorong anak berkeinginan, jika di lamar oleh seorang lelaki akan memberi batasan mahar yang bernominal tinggi. Hal tersebut menjadi ciri orang yang meterialistis, yang hanya memikirkan dunia dan jauh memikirkan akhirat.

Romo Guru kami, Syaikh Miftahul Luthfy Muhammad sering menyampaikan, "Semakin rendah mahar yang di minta, menunjukkan tingkat ke sholehaan wanita".

Melakukan hal yang membuat si mempelai wanita suka pun mampu dijadikan sebagai maharnya, tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk maharnya, dan itu sah secara hukum Islam. Dan secara kenegaraan, itu sah. Karena pada saat Romo Guru menikahkan putra pertamanya, sang mempelai wanita menginginkan mahar berupa bacaan basmalah, dan oleh pihak KUA di terima.

Dari pembicaraan di atas menunjukkan, bahwa ajaran agama Islam itu memudahkan dan tidak menyulitkan.

Posting Komentar

0 Komentar