Faedah Dan Bahaya KaCang(Kakeén Cangkém)

Secar umum kacang memiliki banyak faedah untuk kesehatan tubuh. Kandungan proteinnya yang tinggi berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari jantung, usus, sampai seluruh tubuh. Menjadi berbeda apabila kacang dikonsumsi oleh orang yang kurang sehat, seperti yang menderita asam urat. Jangan coba-coba mengkonsumsi kacang dalam jumlah yang banyak. Kalau bisa tidak usah makan kacang. Karena berbahaya untuk kondisi kesehatanya.

Berbicara mengenai Kacang, orang jawa memiliki kearifan lokal berupa filosofi kacang. Setiap acara hajatan atau walimah,  biasanya ada suguhan kacang rebus, goreng, atau panggangg. Ini mengartikan bahwa hendaknya manusia itu tidak seperti kacang “kakeén cangkém” (banyak bicara). Karena tidak baik, berbicara hendaknya seperlunya saja atau yang berfaedah. Jika tidak bisa berbicara yang baik lebih baik diam.

Banyak bicara bisa menjadi berfaedah jika yang dibicarakan itu berkualitas dan sesuai dengan situasi dan kondisi. Karena itu adalah salah satu softskill yang tidak dipunyai oleh semua orang. Orang pandai pengetahuan namun tidak pandai berbicara atau menyampaikan. Biasanya berperan di belakang layar atau kata lainnya bagian office. Berbeda dengan orang yang tidak seberapa pandai teori tetapi mahir berbicara biasanya tampil di depan.

Anugerah Alloh berupa mulut dan segala piranti pendukungnya hendaknya kita gunakan dengan baik. Ketika berbicara, ya katakan yang baik atau benilai. Jangan sampai apa yang dibicarakan menyebabkan saudara atau orang di sekitar kita tersakiti. Karena Agama sudah menegaskan untuk tidak menyakiti yang lain, namun menebarkan kasih sayang.

Romo Guru Omda Luthfi memberikan tips agar apa yang kita bicarakan berfaedah, yakni senantiasa memohon kepada Alloh swt. agar dijaga dan dibimbing dalam bertutur kata. Selain itu agar apa yang dibicarakan itu berkualitas, maka asupan ilmu pengetahuan seyogyanya diperbanyak. Tiada waktu tanpa membaca. Dan senantiasa memuliakan orangtua serta hobi sedekah.

Posting Komentar

0 Komentar