Berpikir 2 Kali

Waktu akan terus berjalan tanpa pandang bulu, mau siap atau belum siap, tetaplah waktu akan terus berjalan. Maka, langkah demi langkah perlu berhati-hati dan waspada dalam mengambil keputusan, bukan hanya kepada apa yang ada di depan, melainkan juga pada setelahnya melangkah jauh. Walaupun hal yang dianggap sepele pun, mampu menimbulkan hal yang besar.

Romo Guru kami, Syaikh Miftahul Luthfy Muhammad al-Mutawakkil pada hari Jum'at, 21 Juni 2019 pernah dawuh;

"Perlunya berpikir panjang atas setiap langkah yang akan diperbuat, walaupun itu menurut pribadi menyusahkan, karena setiap perbuatan tak lepas dari sunnahtulloh.
Hal kebaikan akan menumbuhkan keuntungan, hal  keburukan akan menumbuhkan kerugian".

Seperti hal kecil dalam lingkungan keseharian kita, dengan membuang sampah dan mengambil sampah di lingkungan sekitar yang diketahui untuk di buang ke tempat sampah, itu merupakan kebaikan kecil, namun besar keuntungan yang diperoleh. Karena hal itu merupakan bukti kepedulian terhadap dirinya dan juga sesama manusia dari efek membuang sampah sembarangan.

Dan sebaliknya, sesuatu yang buruk akan menimbulkan kerugian, tidak hanya di dunia melainkan juga di akhirat kelak.

Seperti berbuat jahil kepada orang lain. Kita sebagai manusia yang memiliki keterbatasan tidak mampu melihat isi hati seseorang, kecuali hanya Alloh swt. apakah ia terima dan mau memaafkan atau tidak.  Kalau pun ia memaafkan, belum tentu juga dengan pemiliknya. Bisa jadi, ia adalah kekasihNya yang merasa tersakiti dan Dia tidak terima, maka kerugian menjadi buahnya.

Posting Komentar

0 Komentar