Berhentilah Hidup yang Suka Membandingkan Orang Lain


Berhentilah hidup jangan membandingkan orang lain

 Tapi entah mengapa masih banyak orang kesulitan menghentikan kebiasaan buruk ini? Atau karena saking seringnya?


Manusia cenderung membandingkan dengan orang lain, apalagi jika masa kecilnya seringkali dibandingkan dengan anak lain oleh orang tuanya. Sehingga di alam bawah sadarnya tertanam untuk membandingkan segala hal dengan orang lain.

Sejatinya kegiatan 'membandingkan' merupakan hal biasa. Menjadi suatu masalah ketika akhir-akhir ini, kegiatan tersebut semakin memakan banyak korban. Kesehatan mentalnya terganggu akibat terlalu sering membandingkan segala sesuatu dengan kepemilikan orang lain.

Rasa cemas muncul karena hidup mereka tak seindah hidup orang lain. Bukan hanya rasa cemas yang dihasilkan, perasaan ngresulo juga akan muncul apabila mereka merasa lebih baik dari orang lain.

Mereka tanpa sadar terus membandingkan hidup mereka dengan hidup orang lain, memantau sosial media sepanjang waktu, hingga hati mereka mengalami kekosongan. Hingga kesehatan mental mereka lama kelamaan terganggu. Mereka berupaya untuk berhenti, tapi sulit sekali .

Sebenarnya, cukup mudah untuk mengatasi permasalahan tentang  'membandingkan'.

Manusia diciptakan dengan penuh perbedaan satu sama lain.Mbah Bening pernah menasehatkan kepada santrinya ojo iri-iri lan ojo hasud. itu semua penyakite wong jaman saiki. maka tinggalkan apa saja yang membuat hati seperti itu dengan cara tawakal ,sabar dan syukur pada Alloh. ketika melihat orang lain itu lihatlah baiknya saja sehingga hidup menjadi benar dan mengerti satu sama yang lain.

Cukup pahami saja kebenaran tersebut. Ketika kita berhasil memahami kebenaran tersebut seutuhnya, maka kita akan menyadari bahwa 'membandingkan' dengan orang lain tidak ada gunanya. Karena kita memang terlahir berbeda, entah itu fisik,bentuk wajah, warna kulit, hobi, mimpi, tujuan, dan segala sesuatu yang melekat pada diri kita.

Tepat setelah kamu berhenti membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain, kamu akan menyadari betapa indahnya hidupmu. Ada banyak sekali hal yang patut untuk disyukuri.

Ketika kamu memahami hakikat perihal 'membandingkan' lebih jauh lagi, kamu akan menemukan plot twist. Bahkan membandingkan dirimu sendiri dengan dirimu yang dulu juga tidak ada gunanya. HEHEHE....

Posting Komentar

0 Komentar