Penting Atau Tidak, Bahasa Inggris?

Apakah Bahasa Inggris peting?
Mengapa Bahasa Inggris penting?
Mengapa Bahasa Inggris tidak penting?


Masyarakat seluruh dunia sepakat. Bahwa bahasa internasional adalah bahasa inggris. Sejak abad ke-20, Amerika serikat yang ketika itu merupakan negara adidaya menetapkan bahwa  bahasa internasional adalah bahasa inggris. Yang ketika itu Amerika banyak dihuni imigran dari inggris. Dan takdir Alloh kursi-kursi pemerintahan banyak dikuasai orang-orang inggris ketika itu.

Indonesia di tengah  Pasar Global terus bersaing dengan berbagai negara di dunia. Berbagai negara masuk memasarkan produknya di Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia yang sudah biasa dengan bahasa dan budaya Indonesia, harus siap berhadapan warga negara asing. Untuk memermudah komunikasi dengan orang asing, salah satu caranya dengan berbahasa inggris.

Kali ini saya akan membahas, mengapa belajar bahasa inggris penting. Ada beberapa poin yang menurut saya penting untuk belajar bahasa inggris.

Pertama, perintah Romo Guru. Di beberapa kesempatan; ketika beliau menemui tamu, ramah tamah setelah kajian, atau ketika kajian beliau dawuh "ciri santriku pinter bahasa arob karo bahasa inggris". Maka, jika ingin diangap santri Teebee, ya harus bisa bahasa inggris. Jika belum bisa. Ndak usah ngaku-ngaku.

Kedua, terinspirasi dari satu kisah sejarah. Ketika, Sahabat Zaid bin Tsabit diutus Rosululloh saw. untuk memelajari bahasa asing yakni Ibrani dan majusi. Untuk kepentingan dakwah Islam. Agar tidak mudah tertipu. Maka, salah satu strategi dakwah yang Rosululloh lakukan adalah memelajari bahasa musuh. Hanya butuh waktu 10 haru Sahabat Zaid mampu tuntas menguasai kedua bahasa asing tersebut.

Poin terakhir adalah ketika saya belajar terjemahan kitab ta'lim muta'allim. Di bab ke 3 tentang memilih ilmu. Syaikh az-Zarnuji menjelaskan bahwa, selain memelajari ilmu tauhid, pilihlah ilmu yang akan befaedah di masa depanmu nanti. Setelah saya coba renungkan, Kelak berbagai layanan bisa jadi menjadi digital dan berbahasa inggris. Di Arab Saudi saja hotel-hotel dan beberapa toko sudah berbahasa inggris. Tidak lagi arab.

Perkembangan informasi dan teknologi yang begitu cepat. Bagi saya, butuh diimbangi dengan terampil berbahasa inggris. Karena seringkali akan kita temui layanan web atau berbagai media online yang berbahasa inggris. Akan ada banyak kebaikan yang bisa dilakukan dengan terampil berbahasa inggris. Karena sejatinya ilmu seperti 2 pisau. Tinggal siapa yang menggunakan.

Posting Komentar

0 Komentar