Pendidikan Karakter

Pendidikan adalah sarana untuk membuat orang tidak tahu menjadi tahu, beradab, dan berpengetahuan. Tanpa pendidikan, kita semua hanyalah sekelompok hewan.


Dengan pendidikan, kita bisa menjadi apa yang kita inginkan dan dengan pendidikan kita juga bisa pergi ke mana pun kita inginkan.

Karena itu, pendidikan sangat penting untuk diberikan kepada seluruh umat manusia. Namun, ada satu yang tidak sepenting pendidikan, yaitu pendidikan karakter.

Seperti pendidikan lainnya, tujuan utamanya adalah mengajar. Pendidikan karakter mengajarkan karakter yang baik atau nilai-nilai moral kepada manusia.

Mengapa pendidikan karakter perlu dilakukan? Pada dasarnya, sains tanpa moral atau karakter akan menciptakan individu yang berbahaya dan bejat, seperti koruptor, narkoba, pencuri, dan lainnya.

Dengan pendidikan karakter, itu akan mencegah munculnya orang-orang seperti itu. Karena biasanya orang dengan karakter yang baik akan berperilaku baik juga.

Coba bayangkan seseorang yang berpengetahuan luas dan memiliki karakter yang baik, pasti akan menjadi individu yang baik dan bermanfaat bagi orang lain.

Pendidikan karakter mengajarkan kita tentang moral atau nilai-nilai baik sebagai manusia, seperti tanggung jawab, ketaatan kepada Tuhan, kejujuran, kepercayaan diri, dan banyak lagi.

Dengan memasukkan nilai-nilai ini ke semua individu, individu akan dibentuk dengan karakter yang kuat dan berpengetahuan luas. Itulah mengapa pendidikan karakter tidak kalah pentingnya dengan pendidikan lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar