Humor Santri : Asyhadualla ilahaillalloh (huakbar)😁


Seperti sabda Nabi, terburu buru itu datangnya dari setan. Kondisi atau sifat ini memang sering bikin celaka. Paling tidak, suatu hal yang harusnya bisa dikerjakan dengan optimal, menjadi tak karuan kalau dilakukan dengan terburu-buru. Apalagi kalau kondisi tergesa-gesa  ini sudah berkolaborasi dengan rasa kantuk dan lelah. Semakin runyamlah perkara. Na'as, kondisi semacam ini pernah dialami hamzah, seorang santri asal gresik. 


Alkisah, suatu malam, semua santri tertidur nyenyak. Badan yang capek sehabis nguli kemarin membuat tidur mereka begitu lelap sampai-sampai semuanya karipan termasuk kang Solekan yang biasanya  bangun paling awal.

Malah justru Hamzah, santri yang biasanya tidurnya paling molor, geragapan bangun paling depan ketika mendengar adzan subuh masjid kampung berkumandang. 

Tanpa ba... bi...bu..., dengan mata masih kriyep kriyep, Hamzah sekonyong konyong bergegas menuju musolla pondoknya, meraih microphon, dan bersiap adzan. 

" Allohu Akbar ...Alloooohu Akbar".  Suara Hamzah melolong

"Allohu Akbar...Allohu akbar".... 

Matanya masih tetap merem.

Masalah muncul ketika ia sampai pada lafadz syahadat

"Asyhaduallaaailaahaillallooooooooo....

Aneh, sungguh aneh. Tak seperti biasanya. Gaya adzan hamzah yang biasa cekak dibagian ujung, menggelegar, dan meledak ledak, saat itu tiba-tiba memanjang meskipun nada datarnya tetap saja abadi

Cukup lama Hamzah melolong di bagian " lloooooooo", 

Sampai tiba tiba diujung nafasnya yang menipis , suara "llooo" yang seharusnya adalah ujung lafadz syahadat jadi punya akhiran yang aneh..

"llooooooohuakbar" 😂

Ternyata sejak tadi, ia panjangkan suara lolongan "llooo" nya karena lupa. Apakah itu "llooo"-nya syahadat, atau "llooo"-nya "hu Akbar".  😁 

Dan dalam dilema di pucuk nafasnya, dengan kolaborasi  terburu-buru, lelah, kantuk, dan bingung, ia jatuhkan pilihannya pada "hu Akbar". Na'as pilihannya keliru

Sontak teman-teman lain yang juga masih kriyep-kriyep, ngakak dan hilang kantuknya.

"Hahahahahhahahahahahhahah"....

Seorang teman berseloroh ringan
"Zaaah, zah. Mangkanya to... Kalau mau adzan itu ilernya diusapi dulu"...😁🤣

Posting Komentar

1 Komentar