Nasib Al-qur'an di Akhir Jaman

Kajian pagi di hari jum'at ini Romo Guru menjelaskan hadis yang dibacakan oleh lurah ribath Kang Johan Abdulloh dengan judul Nasib Al-Qur'an  di akhir jaman, yang berbunyi :


Dari sahabat Ziad bin labid r.hu. ia berkata , Nabi saw. bersabda, "kelak akan datang waktu di cabutnya ilmu" ? Saya lalu bertanya, Bagaiamana ilmu dicabut? seangkan kami membaca qur'an, kami bacakan qur'qn kepada anak-anak kami, dan mereka akan membacakan qur'an kepada anaka-anak mereka sampai hari kiamat ?" Lalu, Nabi saw. menjawab, "Alangkah malangnya dirimu , wahai Ziad. Sesungguhnya aku menganggapmu termasuk orang yang fakih di madinah. Bukankah orang-orang yahudi dan nasroni memmbaca taurot dan injil. Tetapi, mereka tidak mengamalkan apa yang terknadung di dalamnya"

Dalam kajiannya Romo menyinggung di jaman sekarang khusunya di negri kita ini banyak anak-anak kecil yang hafal Al-Qur'an, namun mereka tak mengamalkan isi dari kandungan ayat al qur'an itu. itulah termasuk ajaran-ajaran Yahudi yang mendidik anak-anaknya untuk egois dengan dalil-dalil yang dihafalkanya, Begitu juga pengqori' yang melantunkan ayat suci al-qur'an , tetapi juga tidak mempraktikan apa yang telah di lantunkan itu. hanya saja sampai di kerongkongan saja.

Perlu diketahui juga di jaman nabi tidak ada anak-anak kecil yang hafal Al-qur'an , kecuali setelah baligh. begitu juga para sahabat jika menghafalkan al-qur'an saja bertahun-tahun. maka janganlah meniru Yahudi dan Nasroni yang mententeng kitabnya dan membacanya, tetapi hanya sampai di kerongkongan saja.

Yang sangat penting juga berhati-hatilah dengan ucapan "kembalilah kepada Al-qur'an dan hadis" karna itu bisa merusak keimanan kita, mengapa ? karena selama ini hal itu hanya dibuat pamer-pameran saja seperti halnya Romo Guru mencontohkan para mubaligh,ustad, guru dan yai yang hanya mencari uang dengan menyampaikan hal itu. maka Romo Guru mengajarkan kepada kita untuk meniru perjuangan kehidupan Romo yang yakin atas kehendak Alloh  itu baik. Semua itu kita diajarkan untuk mengimani dan meyakini kalamulloh untuk dipraktikkan sehari-hari dengan benar.Supaya dengan Al-qur'an dan hadis kita dapat selamat di dunia & akhirot kelak.
Insya Alloh...

Posting Komentar

0 Komentar