Hebatnya Mukmin!

Kajian rutin ba’da Healing Hailalah dan  sholat maghrib di ribath Al-ibadah al islamy As-syarif suroboyo ini yang tulis oleh Romo Guru dengan judul Hebatnya Mukmin yang di bacakan oleh Kang Haidar Sakti Oktafiansyah dengan ayat:


إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوا وَجَاهَدُوا بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الصَّادِقُونَ

Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Alloh dan rosulNYA. Kemudian, mereka tidak ragu-ragu dan mereka bersungguh-sungguh  dengan harta dan jiwa mereka( berjuang) pada jalan Alloh. Mereka itulah orang-orang yang benar. (Qs.al-Hujurot(49):15).

Ayat diatas memberikan pembelajaran sifat bahwa seorang mukmin adalah hamba Alloh yang hebat. Karna orang mukmin itu adalah orang yang imannya ajeg. Ini berbeda dengan ketika qur’an menyebut orang beriman dengan sebutan amanu atau yu’minu. Dimana keimannya masih naik-turun karena dipengaruhi oleh suasana jiwa dan lingkungan sekitar.

Namun, sudah jelas bahwa kalamulloh di atas menegaskan bahwa mukmin itu benar-benar yakin (beriman) kepada Alloh dan rosulNYA. Jika ada seorang yang masih berproses menuju muslim maupun mukmin melakukan kesalahan/dosa maka segeralah kembali ke pedoman qur’an dan hadis. Karna kita sa’at ini masih merabah untuk menuju kesana.

Orang mukmin itu benar-benar berjuang dan bersungguh-sungguh dalam memerjuangkan agama Alloh yang mulia dengan harta dan jiwanya. Dan tidaklah ragu-ragu dalam menjalaninya, semua itu dilakukan dengan sungguh-sungguh menegakkkan kalimat Alloh di muka bumi ini. Dan orang mukmin itu selalu sabar dalam menghadapi segala ujian,coba’an dan masalah-masalah yang berat.

Hanya orang-orang yang bersabarlah bersama Alloh. Itulah yang disebut dengan mukmin yang hebat. sebagaimana kehebatan orang-orang mukmin itu dapat dipercaya kualitas keimanan dan ketaqwaannya, karna  menjadikan qur’an dan hadis sebagai pedoman dalam menjalani takdir hidup. Sehingga ia menjadi sosok manusia yang benar. Biarkan orang kafir dan yahudi dengan dunianya sendiri. Hanya orang mukminlah yang dapat meyakini dan mengimani kallamulloh tersebut dengan kuat. 

Maka dari itu pesan Romo Guru terus pedomani wahyu niscaya nafsu dapat dikendarai secara benar. InsyaAlloh....

Posting Komentar

0 Komentar