Sampaikan Dengan Jelas

Kajian rutin senin pagi dengan Kitab al-Adzkar yang diampu Kang Busthomi Marjan an-Nawawi al-Luthfi menjelaskan bagaimana menyampaikan suatu ilmu pengetahuan dengan jelas. Agar tidak terjadi kesalahan dalam praktik keilmuannya untuk waktu yang selanjutnya(23/04).


Pada awal kajian diceritakan betapa bahayanya menyampaiakan informasi yang tidak sesuai dengan yang sebenarnya. karena dapat menimbulkan kesalahan persepsi bahkan bisa menjadi fitnah. Para santri dan jama'ah diajak untuk melihat kembali kisah sejarah ketika Idunda 'Aisyah tertinggal oleh rombongan yang berangkat kembali ke Madinah setelah peperangan. Di situlah orang-orang munafik memainkan peran membolak-balikkan informasi yang kabarkan kepada Nabi saw. sehingga Beliau cemburu dan marah kepada Ibunda 'Aisyah yang dikabarkan selingkuh dengan salah satu sahabat.

 
Di tengah kajian sada satu santri yang mengajukan tanya, bahawa "berarti boleh dong. saya melakukan sesuatu. misalnya minum dengan berdiri karena meniru Nabi saw. sesuai buku ini." Lalu Kang Busthomi pun menjawab, "tidak semudah itu. kita harus memberinya penjelasan lebih jelas. agar tidak terjadi kesalah berpikir dan bekelanjutan. karena dosa yang dilakukan orang lain lantaran kita yang memberinya contoh. maka, itu akan menjadi dosa yang terus terjadi dan kita juga mendapatkan dosa tersebut. karena kita yang memberinya contoh."


Maka dari itu, di bab yang akan datang juga akan di pelajari, dibolehkannya bertanya atau memebenarkan suatu perkara yang menurut kita kurang benar. demi tidak terjadi kesalahan berpikir atau bahkan fitnah.

Posting Komentar

0 Komentar