Empat Hal yang Ditakuti Rosululloh Kepada Umatnya.

Dalam kajian kali ini Kang Johan Abdulloh sekaligus Lurah Ribath al-Ibadah al-Islamy as-Syarif menjelaskan kembali tentang hadis yang diriwayatkan oleh Rosululloh saw., bahwasanya Rosululloh saw., takut dengan 4 hal ini untuk umatnya, yakni; perut besar, terus-menerus tidur, malas, dan lemah keyakinan.

Pertama, Kang Johan menjelaskan tentang perut besar alias wong seng lemu-lemu iku wetenge gedhe. Bahkan ia mencontohkan dirinya sendiri  yang memiliki perut besar alias jemblong begitu juga Abu suwar yang sama-sama badanya besar. Lalu, orang yang memiliki perut besar itu selalu melakukan kegiatan apapun selalu ditunda-tunda alias aras-arasen.


Penjelasan kedua, tentang terus-menerus tidur, dicontohkan wong seng kakekan turu isuk iku rejekine ditotol pitik, mbek atine atos. Maka dari itu kita semua harus menuruti perintah Romo guru kita "ojo turu taneg-taneg, mbek mangan wareg-wareg." Karena Nabi tidak suka dengan orang yang berlebih-lebihan.

Dilanjut dengan hal yang ketiga, tentang malas itu juga tidak baik, karna itu semua gangguan setan. Agar kita tidak bermalas-malas dalam melakukan apapun, kita harus semangat dalam melakukannya dan dibarengi dengan hati yang penuh ikhlas.

Yang terakhir, adalah membahas lemah keyakinan, maka Kang Johan mengingatkan kita semua untuk selalu menomor satukan Alloh dan meyakini kalamulloh, serta menguatkan iman kita di kehidupan sehari-hari. Dan juga tingkatkan kemampuan membaca, seraya terus memerluas cakrawala baca atas semua data yang terdapat dikehidupan ini. InsyaAlloh.


Posting Komentar

0 Komentar