Hadis 1
Hadis 11
Dari Abu Hurairah R.hu. bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Perempuan itu dinikahi karena empat hal, yaitu: harta, keturunan, kecantikan, dan agamanya. Dapatkanlah wanita yang taat beragama, engkau akan berbahagia.” Muttafaq Alaihi dan Imam Lima.
Dari Abu Hurairah R.hu. bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bila mendoakan seseorang yang nikah, beliau bersabda: “Semoga Allah memberkahimu dan menetapkan berkah atasmu, serta mengumpulkan engkau berdua dalam kebaikan.” Riwayat Ahmad dan Imam Empat. Hadits sohih menurut Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban.
Hadis 36
Hadis 37
Dari Jabir bahwa Rosululloh saw.bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu melamar perempuan, jika ia bisa memandang bagian tubuhnya yang menarik untuk dinikahi, hendaknya ia lakukan.” Riwayat Ahmad dan Abu Dawud dengan perawi-perawi yang dapat dipercaya. Hadits sohih menurut Hakim.
Hadis 42
َعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَ ضِيَ اَلله عَنْهُ
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم (
مَنْ مَاتَ وَلَمْ يَغْزُ, وَلَمْ يُحَدِّثْ نَفْسَهُ بِهِ, مَاتَ عَلَى شُعْبَةٍ
مِنْ نِفَاقٍ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
Dari Abu Hurairah bahwa Rosululloh saw.bersabda:
"Barangsiapa mati, sedang ia tidak pernah berjihad dan tidak mempunyai
keinginan untuk jihad, ia mati dalam satu cabang kemunafikan." Muttafaq
Alaihi
Hadis 2
َوَعَنْ أَنَسٍ رضي الله عنه أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله
عليه وسلم قَالَ: ( جَاهِدُوا اَلْمُشْرِكِينَ بِأَمْوَالِكُمْ, وَأَنْفُسِكُمْ,
وَأَلْسِنَتِكُمْ ) رَوَاهُ أَحْمَدُ, وَالنَّسَائِيُّ,
وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِمُ
Dari Anas bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi
wa Sallam bersabda: "Berjihadlah melawan kaum musyrikin dengan hartamu,
jiwamu dan lidahmu." Riwayat Ahmad dan Nasa'i. Hadits sohih menurut Hakim.
وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ الله عَنْهَا قَالَتْ: (
قُلْتُ: يَا رَسُولَ اَللَّهِ ! عَلَى اَلنِّسَاءِ جِهَادٌ? قَالَ: نَعَمْ جِهَادٌ
لَا قِتَالَ فِيهِ, اَلْحَجُّ وَالْعُمْرَةُ ) رَوَاهُ
اِبْنُ مَاجَه وَأَصْلُهُ فِي اَلْبُخَارِيِّ
Dari 'Aisyah r.a: Aku berkata: Wahai
Rasulullah, apakah perempuan wajib berjihad?. Beliau menjawab: "Ya, jihad
tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu haji dan umrah." Riwayat Ibnu
Majah dan asalnya dalam kitab Bukhori.
Hadis 4
َوَعَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ عَمْرِوٍ رَضِيَ اَللَّهُ
عَنْهُمَا قَالَ: ( جَاءَ رَجُلٌ إِلَى اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم
يَسْتَأْذِنُهُ فِي اَلْجِهَادِ فَقَالَ: ( أَحَيٌّ وَالِدَاكَ؟ قَالَ: نَعَمْ قَالَ:
فَفِيهِمَا فَجَاهِدْ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Abdullah Ibnu Umar R.hu. berkata: Ada
seseorang menghadap Rosululloh saw.meminta izin ikut berjihad (perang). Beliau
bertanya: "Apakah kedua orang tuamu masih hidup?". Ia menjawab: Ya.
Beliau bersabda: "Kalau begitu, berjihadlah untuk kedua orang tuamu."
Muttafaq Alaihi
Hadis 5
َوَلِأَحْمَدَ, وَأَبِي دَاوُدَ: مِنْ حَدِيثِ أَبِي سَعِيدٍ نَحْوُهُ,
وَزَادَ: ( اِرْجِعْ فَاسْتَأْذِنْهُمَا, فَإِنْ أَذِنَا لَكَ; وَإِلَّا
فَبِرَّهُمَا )
Ahmad dan Abu Dawud juga meriwayatkan
hadits serupa dari Abu Said dengan tambahan: "Pulanglah dan mintalah izin
kepada mereka. Jika mereka mengizinkan, berjihadlah, dan jika tidak,
berbaktilah kepada mereka berdua."
Hadis 6
َوَعَنْ جَرِيرٍ الْبَجَلِيِّ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ
رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( أَنَا بَرِئٌ مِنْ كُلِّ مُسْلِمٍ يُقِيمُ
بَيْنَ اَلْمُشْرِكِينَ ) رَوَاهُ اَلثَّلَاثَةُ وَإِسْنَادُهُ صَحِيحٌ وَرَجَّحَ اَلْبُخَارِيُّ
إِرْسَالَهُ
Dari Jarir R.hu. bahwa Rosululloh saw.bersabda:
"Aku terlepas (tanggung jawab) dari setiap orang muslim yang tinggal di
antara kaum musyrikin." Riwayat Imam Tiga. Sanadnya sohih. Bukhori lebih
menilai sebagai hadits mursal.
Hadis 7
َوَعَنْ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ الله عَنْهُمَا قَالَ:
قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم (لَا هِجْرَةَ بَعْدَ اَلْفَتْحِ,
وَلَكِنْ جِهَادٌ وَنِيَّةٌ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْه
Dari Ibnu Abbas R.hu. bahwa Rosululloh
saw.bersabda: "Tidak ada hijrah setelah penaklukan kota Mekkah, tetapi
jihad dan niat." Muttafaq Alaihi.
Hadis 8
َوَعَنْ أَبِي مُوسَى اَلْأَشْعَرِيِّ رضي الله عنه
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( مَنْ قَاتَلَ لِتَكُونَ
كَلِمَةُ اَللَّهِ هِيَ اَلْعُلْيَا, فَهُوَ فِي سَبِيلِ اَللَّهِ )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari Abu Musa al-Asy'ary bahwa Rosululloh
saw.bersabda: "Barangsiapa berperang untuk menjunjung kalimat Allah, maka
ia berada di jalan Allah." Muttafaq Alaihi.
Hadis 9
َوَعَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ اَلسَّعْدِيِّ رضي الله عنه
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَلله صلى الله عليه وسلم (لَا تَنْقَطِعُ اَلْهِجْرَةُ مَا
قُوتِلَ اَلْعَدُوُّ ) رَوَاهُ النَّسَائِيُّ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ
حِبَّانَ
Dari Abdullah Ibnu al-Sa'dy bahwa Rosululloh
saw. bersabda: "Tidak akan putus hijrah selama musuh masih
diperangi." Riwayat Nasa'i. Hadits sohih menurut Ibnu Hibban.
Hadis 10
وَعَنْ نَافِعٍ قَالَ: (
أَغَارُ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم عَلَى بَنِيَّ اَلْمُصْطَلِقِ, وَهُمْ
غَارُّونَ, فَقَتَلَ مُقَاتِلَتَهُمْ, وَسَبَى ذَرَارِيَّهُمْ حَدَّثَنِي بِذَلِكَ
عَبْدُ اَللَّهِ بْنُ عُمَرَ رَضِيَ الله عَنْهُمَا)
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ وَفِيْهِ
: وَأَصَابَ يَوْمَئِدٍ جُوَيْرِيَةً
Nafi' berkata: Rosululloh saw.pernah
menyerang banu Mushtholiq ketika mereka sedang lengah. Beliau membunuh orang
yang ikut berperang dan menawan anak buah mereka. Abdullah Ibnu Umar
menceritakan hal itu kepadaku. Muttafaq Alaihi. Di dalamnya disebutkan: Pada
saat itu beliau mendapatkan Juwairiyah.
Hadis 11
َوَعَنْ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه ( أَنَّ
اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا أَرَادَ غَزْوَةً وَرَّى بِغَيْرِهَا
) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari Ka'ab Ibnu Malik R.hu. bahwa Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam apabila mau mengadakan suatu peperangan, beliau
menutupnya dengan masalah lain. Muttafaq Alaihi.
Hadis 12
وَعَنْ مَعْقِلٍ; أَنَّ اَلنُّعْمَانَ بْنَ مُقَرِّنٍ
قَالَ: ( شَهِدْتُ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا لَمْ يُقَاتِلْ
أَوَّلَ اَلنَّهَارِ أَخَّرَ اَلْقِتَالِ حَتَّى تَزُولَ اَلشَّمْسُ, وَتَهُبَّ
اَلرِّيَاحُ, وَيَنْزِلَ اَلنَّصْرُ) رَوَاهُ أَحْمَدُ وَالثَّلَاثَةُ,
وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِمُ وَأَصْلُهُ فِي اَلْبُخَارِيِّ
Ma'qil Ibnu al-Nu'man Ibnu Muqarrin R.hu. berkata:
Aku menyaksikan Rosululloh saw.bila tidak berperang pada permulaan siang,
beliau tunda hingga matahari tergelincir, angin bertiup, dan pertolongan Allah
turun. Riwayat Ahmad dan Imam Tiga. Hadits sohih menurut Hakim dan asalnya dari
kitab Bukhori.
Hadis 13
َوَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا; ( أَنَّ
اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ لِرَجُلٍ تَبِعَهُ يَوْمَ بَدْرٍ:
اِرْجِعْ فَلَنْ أَسْتَعِينَ بِمُشْرِكٍ )
رَوَاهُ مُسْلِمٌ
Dari 'Aisyah Radliyallaahu 'anha bahwa
Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda kepada seseorang yang menyertai
beliau pada waktu perang Badar: "Pulanglah, aku tidak akan pernah meminta
bantuan orang musyrik." Riwayat Muslim.
Hadis 14
َوَعَنْ اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; (
أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم رَأَى اِمْرَأَةً مَقْتُولَةً فِي
بَعْضِ مَغَازِيهِ, فَأَنْكَرَ قَتْلَ اَلنِّسَاءِ وَالصِّبْيَانِ )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari Ibnu Umar bahwa Nabi Shallallaahu
'alaihi wa Sallam pernah melihat seorang perempuan terbunuh dalam satu
peperangannya, lalu beliau menyalahkan pembunuhan para wanita dan anak-anak.
Muttafaq Alaihi.
Hadis 15
َوَعَنْ سَمُرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ
اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( اُقْتُلُوا شُيُوخَ اَلْمُشْرِكِينَ, وَاسْتَبْقُوا
شَرْخَهُمْ ) رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ, وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ
Dari Samurah bahwa Rosululloh saw.bersabda:
"Bunuhlah orang-orang musyrik yang tua dan biarkanlah anak-anak muda di
antara mereka." Riwayat Abu Dawud. Hadits sohih menurut Tirmidzi.
Hadis 16
َوَعَنْ عَلِيٍّ رضي الله عنه ( أَنَّهُمْ تَبَارَزُوا
يَوْمَ بَدْرٍ ) رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ وَأَخْرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ مُطَوَّلاً
Dari Ali R.hu. bahwa mereka (kaum
muslimin) beradu satu lawan satu pada waktu perang Badar. Riwayat Abu Dawud
dalam hadits panjang.
Hadis 17
َوَعَنْ أَبِي أَيُّوبَ رضي الله عنه قَالَ: إِنَّمَا
أُنْزِلَتْ هَذِهِ اَلْآيَةُ فِينَا مَعْشَرَ اَلْأَنْصَارِ, يَعْنِي:وَلَا
تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى اَلتَّهْلُكَةِ قَالَهُ رَدًّا عَلَى مَنْ أَنْكَرَ
عَلَى مَنْ حَمَلَ عَلَى صَفِ اَلرُّومِ حَتَّى دَخَلَ فِيهِمْ رَوَاهُ
اَلثَّلَاثَةُ, وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ, وَابْنُ حِبَّانَ, وَالْحَاكِمُ
Abu Ayyub R.hu. berkata: Ayat ini
sebenarnya diturunkan untuk kami golongan Anshor, yaitu firman-Nya (artinya =
Dan janganlah kamu menjatuhkan diri kamu sendiri ke dalam kebinasaan). Abu
Ayyub mengucapkan firman itu sebagai bantahan terhadap orang yang menyalahkan
seseorang yang menyerbu barisan tentara Romawi sehingga masuk di antara mereka.
Riwayat Imam Tiga. Hadits sohih menurut Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Hakim.
Hadis 18
َوَعَنْ اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ:
( حَرَقَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم نَخْلَ بَنِي اَلنَّضِيرِ, وَقَطَعَ
) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Ibnu Umar R.hu. berkata: Rosululloh saw.pernah
membakar dan memotong pohon kurma Banu Nadlir. Muttafaq Alaihi.
Hadis 19
َوَعَنْ عُبَادَةَ بْنِ اَلصَّامِتِ رضي الله عنه قَالَ:
قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( لَا تَغُلُّوا; فَإِنَّ اَلْغُلُولَ
نَارٌ وَعَارٌ عَلَى أَصْحَابِهِ فِي اَلدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ )
رَوَاهُ أَحْمَدُ, وَالنَّسَائِيُّ, وَصَحَّحَهُ ابْنُ حِبَّانَ
Dari Ubadah Ibnu al-Shomit R.hu.bahwa Rosululloh
saw.bersabda: "Janganlah engkau berkhianat (terhadap harta rampasan
perang), karena balasan bagi pelakunya ialah api neraka dan kehinaan di dunia
dan akhirat." Riwayat Ahmad dan Nasa'i. Hadits sohih menurut Ibnu Hibban.
Hadis 20
َوَعَنْ عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه ( أَنَّ
اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَضَى بِالسَّلَبِ لِلْقَاتِلِ )
رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ وَأَصْلُهُ عِنْدَ مُسْلِمٍ
Dari 'Auf Ibnu Malik R.hu.bahwa Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam menetapkan harta rampasan perang itu bagi sang
pembunuh. Riwayat Abu Dawud dan asalnya dalam riwayat Muslim.
Hadis 21
َوَعَنْ أَنَسٍ رضي الله عنه ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى
الله عليه وسلم دَخَلَ مَكَّةَ وَعَلَى رَأْسِهِ اَلْمِغْفَرُ, فَلَمَّا نَزَعَهُ
جَاءَهُ رَجُلٌ, فَقَالَ: ابْنُ خَطَلٍ مُتَعَلِّقٌ بِأَسْتَارِ اَلْكَعْبَةِ,
فَقَالَ: اُقْتُلُوهُ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari Anas R.hu. bahwa Nabi Shallallaahu
'alaihi wa Sallam memasuki kota Mekkah dengan mengenakan perisai di kepala.
Ketika beliau melepaskannya, ada seseorang datang dan berkata: Ibnu Khathal
masih bergantung pada tirai Ka'bah. Lalu beliau bersabda: "Bunuhlah
dia." Muttafaq Alaihi.
Hadis 22
َوَعَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رضي الله عنه ( أَنَّ
رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَدَى رَجُلَيْنِ مِنْ اَلْمُسْلِمِينَ
بِرَجُلٍ مِنْ اَلْمُشْرِكِينَ ) أَخْرَجَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ وَصَحَّحَهُ وَأَصْلُهُ
عِنْدَ مُسْلِمٍ
Dari Imran Ibnu Hushoin R.hu. bahwa Rosululloh
saw.pernah menebus dua orang laki-laki muslim dengan seorang laki-laki musyrik.
Riwayat Tirmidzi. Hadits sohih dan asalnya dalam riwayat Muslim.
Hadis 23
َوَعَنْ اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ:
( بَعَثَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم سَرِيَّةٍ وَأَنَا فِيهِمْ, قِبَلَ
نَجْدٍ, فَغَنِمُوا إِبِلاً كَثِيرَةً, فَكَانَتْ سُهْمَانُهُمْ اِثْنَيْ عَشَرَ
بَعِيراً, وَنُفِّلُوا بَعِيراً بَعِيراً )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Ibnu Umar R.hu. berkata: Rosululloh saw.pernah
mengirim angkatan perang, dan aku termasuk di dalamnya, menuju Najd. Mereka
memperoleh rampasan unta yang banyak. Bagian mereka masing-masing dua belas
unta, di tambah satu unta. Muttafaq Alaihi.
Hadis 24
َوَعَنْهُ قَالَ: ( قَسَمَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم يَوْمَ خَيْبَرَ لِلْفَرَسِ سَهْمَيْنِ, وَلِلرَّاجِلِ سَهْمًا )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ وَاللَّفْظُ لِلْبُخَارِيِّ
Ibnu Umar R.hu. berkata: Rosululloh saw.membagi
harta rampasan perang Khaibar, dua bagian untuk kuda dan satu bagian untuk
orangnya. Muttafaq Alaihi dan lafadznya menurut Bukhori.
Hadis 25
َوَعَنْ مَعْنِ بْنِ يَزِيدَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا
قَالَ: ( سَمِعْتَ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ: لَا نَفْلَ
إِلَّا بَعْدَ اَلْخُمُسِ ) رَوَاهُ أَحْمَدُ , وَأَبُو دَاوُدَ,
وَصَحَّحَهُ اَلطَّحَاوِيُّ
Ma'an Ibnu Yazid berkata: Aku mendengar Rosululloh
saw.bersabda: "Tidak ada tambahan bagian kecuali setelah seperlima."
Riwayat Ahmad dan Abu Dawud. Hadits sohih menurut Thahawy.
Hadis 26
َوَعَنْ حَبِيبِ بْنِ مَسْلَمَةٍ رضي الله عنه قَالَ: (
شَهِدْتُ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم نَفَّلَ اَلرُّبْعَ فِي اَلْبَدْأَةِ,
وَالثُّلُثَ فِي اَلرَّجْعَةِ ) رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ, وَصَحَّحَهُ ابْنُ
اَلْجَارُودِ, وَابْنُ حِبَّانَ, وَالْحَاكِمُ
Habib Ibnu Maslamah R.hu. berkata: Aku
menyaksikan Rosululloh saw.memberi tambahan seperempat waktu berangkat (perang)
dan sepertiga waktu pulang. Riwayat Abu Dawud. Hadits sohih menurut Ibnu
al-Jarud, Ibnu Hibban dan Hakim.
Hadis 27
َوَعَنْ اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ:
( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُنَفِّلُ بَعْضَ مَنْ يَبْعَثُ مِنْ
اَلسَّرَايَا لِأَنْفُسِهِمْ خَاصَّةً, سِوَى قَسْمِ عَامَّةِ اَلْجَيْشِ )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Ibnu Umar R.hu. berkata: Rosululloh saw.memberi
tambahan khusus kepada sebagian tentara yang beliau kirim, selain bagian resmi
para prajurit. Muttafaq Alaihi.
Hadis 28
: َوَعَنْهُ قَالَ ( كُنَّا
نُصِيبُ فِي مَغَازِينَا اَلْعَسَلَ وَالْعِنَبَ , فَنَأْكُلُهُ وَلَا نَرْفَعُهُ
) رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ . وَلِأَبِي دَاوُدَ:( فَلَمْ
يُؤْخَذْ مِنْهُمْ اَلْخُمُسُ ) وَصَحَّحَهُ ابْنُ حِبَّانَ
Ibnu Umar R.hu. berkata: Kami pernah memperoleh
madu dan anggur dalam peperangan kami, lalu kami makan dan tidak kami laporkan.
Riwayat Bukhori. Menurut riwayat Abu Dawud: Tidak diambil seperlima darinya.
Hadits sohih menurut Ibnu Hibban.
Hadis 29
َوَعَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى رَضِيَ
اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: ( أَصَبْنَا طَعَاماً يَوْمَ خَيْبَرَ, فَكَانَ
اَلرَّجُلُ يَجِيءُ, فَيَأْخُذُ مِنْهُ مِقْدَارَ مَا يَكْفِيهِ, ثُمَّ يَنْصَرِفُ
) أَخْرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ, وَصَحَّحَهُ ابْنُ
اَلْجَارُودِ, وَالْحَاكِمُ
Abdullah Ibnu Abu Aufa R.hu. berkata: Kami
pernah memperoleh makanan pada waktu perang Khaibar. Ada seseorang datang, lalu
mengambil sekedarnya, kemudian pergi. Riwayat Abu Dawud. Hadits sohih menurut
Ibnu al-Jarud dan Hakim.
Hadis 30
َوَعَنْ أَبِي رَافِعٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ
رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم ( إِنِّي لَا أَخِيسُ بِالْعَهْدِ, وَلَا
أَحْبِسُ اَلرُّسُلَ ) رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ, وَالنَّسَائِيُّ,
وَصَحَّحَهُ ابْنُ حِبَّانَ
Dari Abu Rafi' bahwa Nabi Shallallaahu
'alaihi wa Sallam bersabda: "Sesungguhnya aku tidak menyalahi janji dan
tidak menahan para utusan." Riwayat Abu Dawud dan Nasa'i. Hadits sohih
menurut Ibnu Hibban.
Fiqih nikah
Hadis 31
عَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رضي
الله عنه قَالَ لَنَا رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم ( يَا مَعْشَرَ اَلشَّبَابِ
! مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ اَلْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ , فَإِنَّهُ أَغَضُّ
لِلْبَصَرِ , وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ , وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ
بِالصَّوْمِ ; فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Abdullah Ibnu Mas’ud R.hu. berkata: Rosululloh saw.bersabda
pada kami: “Wahai generasi muda, barangsiapa di antara kamu telah mampu
berkeluarga hendaknya ia kawin, karena ia dapat menundukkan pandangan dan
memelihara kemaluan.
Barangsiapa belum mampu hendaknya berpuasa,
sebab ia dapat mengendalikanmu.” Muttafaq Alaihi.
Hadis 32
وَعَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه ( أَنَّ
اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم حَمِدَ الله , وَأَثْنَى عَلَيْهِ , وَقَالَ :
لَكِنِّي أَنَا أُصَلِّي وَأَنَامُ , وَأَصُومُ وَأُفْطِرُ , وَأَتَزَوَّجُ
اَلنِّسَاءَ , فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِي فَلَيْسَ مِنِّي ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari Anas Ibnu Malik R.hu.
bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam setelah memuji Allah dan
menyanjung-Nya bersabda: “Tetapi aku sholat, tidur, berpuasa, berbuka, dan
mengawini perempuan. Barangsiapa membenci sunnahku, ia tidak termasuk ummatku.”
Muttafaq Alaihi.
Hadis 33
وَعَنْهُ قَالَ : ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ
صلى الله عليه وسلم يَأْمُرُ بِالْبَاءَةِ , وَيَنْهَى عَنِ التَّبَتُّلِ نَهْيًا
شَدِيدًا , وَيَقُولُ : تَزَوَّجُوا اَلْوَدُودَ اَلْوَلُودَ إِنِّي مُكَاثِرٌ
بِكُمُ اَلْأَنْبِيَاءَ يَوْمَ اَلْقِيَامَةِ ) رَوَاهُ أَحْمَدُ , وَصَحَّحَهُ
اِبْنُ حِبَّانَ
Anas Ibnu Malik R.hu. berkata: Rosululloh saw.memerintahkan
kami berkeluarga dan sangat melarang kami membujang. Beliau bersabda:
“Nikahilah perempuan yang subur dan penyayang, sebab dengan jumlahmu yang
banyak aku akan berbangga di hadapan para Nabi pada hari kiamat.” Riwayat
Ahmad. Hadits sohih menurut Ibnu Hibban.
Hadis 34
وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه عَنِ
النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ : ( تُنْكَحُ اَلْمَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ :
لِمَالِهَا , وَلِحَسَبِهَا , وَلِجَمَالِهَا , وَلِدِينِهَا , فَاظْفَرْ بِذَاتِ
اَلدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ مَعَ بَقِيَّةِ اَلسَّبْعَةِ
Dari Abu Hurairah R.hu. bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Perempuan itu dinikahi karena empat hal, yaitu: harta, keturunan, kecantikan, dan agamanya. Dapatkanlah wanita yang taat beragama, engkau akan berbahagia.” Muttafaq Alaihi dan Imam Lima.
hadis 35
وَعَنْهُ ; أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه
وسلم كَانَ إِذَا رَفَّأَ إِنْسَانًا إِذَا تَزَوَّجَ قَالَ : ( بَارَكَ اَللَّهُ
لَكَ , وَبَارَكَ عَلَيْكَ , وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ ) رَوَاهُ أَحْمَدُ
, وَالْأَرْبَعَةُ , وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ , وَابْنُ خُزَيْمَةَ , وَابْنُ
حِبَّانَ
Dari Abu Hurairah R.hu. bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bila mendoakan seseorang yang nikah, beliau bersabda: “Semoga Allah memberkahimu dan menetapkan berkah atasmu, serta mengumpulkan engkau berdua dalam kebaikan.” Riwayat Ahmad dan Imam Empat. Hadits sohih menurut Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban.
Hadis 36
وَعَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رضي
الله عنه قَالَ : ( عَلَّمَنَا رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم اَلتَّشَهُّدَ
فِي اَلْحَاجَةِ : إِنَّ اَلْحَمْدَ لِلَّهِ , نَحْمَدُهُ , وَنَسْتَعِينُهُ ,
وَنَسْتَغْفِرُهُ , وَنَعُوذُ بِاَللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا , مَنْ
يَهْدِهِ اَللَّهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ , وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا الله ,
وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَيَقْرَأُ ثَلَاثَ آيَاتٍ )
رَوَاهُ أَحْمَدُ , وَالْأَرْبَعَةُ , وَحَسَّنَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ , وَالْحَاكِمُ
Abdullah Ibnu Mas’ud
berkata: Rosululloh saw.mengajari kami khutbah pada suatu hajat: (artinya =
Sesungguhnya segala puji bagi Allah, kami memuji-Nya, kami meminta pertolongan
dan ampunan kepada-Nya, kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kami.
Barangsiapa mendapat hidayah Allah tak ada orang yang dapat menyesatkannya.
Barangsiapa disesatkan Allah, tak ada yang kuasa memberinya petunjuk. Aku
bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu
hamba-Nya dan utusan-Nya) dan membaca tiga ayat. Riwayat Ahmad dan Imam Empat.
Hadits hasan menurut Tirmidzi dan Hakim.
Hadis 37
وَعَنْ جَابِرٍ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ
رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( إِذَا خَطَبَ أَحَدُكُمُ الْمَرْأَةَ ,
فَإِنْ اِسْتَطَاعَ أَنْ يَنْظُرَ مِنْهَا مَا يَدْعُوهُ إِلَى نِكَاحِهَا ,
فَلْيَفْعَلْ ) رَوَاهُ أَحْمَدُ , وَأَبُو دَاوُدَ , وَرِجَالُهُ ثِقَاتٌ ,
وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِمُ
Dari Jabir bahwa Rosululloh saw.bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu melamar perempuan, jika ia bisa memandang bagian tubuhnya yang menarik untuk dinikahi, hendaknya ia lakukan.” Riwayat Ahmad dan Abu Dawud dengan perawi-perawi yang dapat dipercaya. Hadits sohih menurut Hakim.
Hadis 38
وَلِمُسْلِمٍ : عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي
الله عنه (أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ لِرَجُلٍ تَزَوَّجَ
اِمْرَأَةً : أَنَظَرْتَ إِلَيْهَا ? قَالَ : لَا . قَالَ : اِذْهَبْ فَانْظُرْ
إِلَيْهَا)
Menurut riwayat Muslim
dari Abu Hurairah bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam pernah bertanya
kepada seseorang yang akan menikahi seorang wanita: “Apakah engkau telah
melihatnya?” Ia menjawab: Belum. Beliau bersabda: “Pergi dan lihatlah dia.”
Hadis 39
وَعَنِ ابْنِ عُمَرَ – رَضِيَ الله عَنْهُمَا- قَالَ : قَالَ
رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم ( لَا يَخْطُبْ بَعْضُكُمْ عَلَى خِطْبَةِ
أَخِيهِ , حَتَّى يَتْرُكَ اَلْخَاطِبُ قَبْلَهُ , أَوْ يَأْذَنَ لَهُ اَلْخَاطِبُ
) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ , وَاللَّفْظُ لِلْبُخَارِيِّ
Dari Ibnu Umar R.hu. bahwa
Rosululloh saw.bersabda: “Janganlah seseorang di antara kamu melamar seseorang
yang sedang dilamar saudaranya, hingga pelamar pertama meninggalkan atau
mengizinkannya.” Muttafaq Alaihi dan lafadznya menurut Bukhori.
Hadis 40
وَعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ اَلسَّاعِدِيِّ – رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا- قَالَ : (
جَاءَتِ امْرَأَةٌ إِلَى رَسُولِ الله صلى الله عليه وسلم فَقَالَتْ : يَا رَسُولَ
اَللَّهِ ! جِئْتُ أَهَبُ لَكَ نَفْسِي , فَنَظَرَ إِلَيْهَا رَسُولُ اَللَّهِ صلى
الله عليه وسلم فَصَعَّدَ اَلنَّظَرَ فِيهَا , وَصَوَّبَهُ , ثُمَّ طَأْطَأَ
رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم رَأْسَهُ , فَلَمَّا رَأَتْ اَلْمَرْأَةُ
أَنَّهُ لَمْ يَقْضِ فِيهَا شَيْئًا جَلَسَتْ , فَقَامَ رَجُلٌ مِنْ أَصْحَابِهِ.
فَقَالَ : يَا رَسُولَ اَللَّهِ ! إِنْ لَمْ يَكُنْ لَكَ بِهَا حَاجَةٌ
فَزَوِّجْنِيهَا. قَالَ : فَهَلْ عِنْدكَ مِنْ شَيْءٍ ? فَقَالَ : لَا ,
وَاَللَّهِ يَا رَسُولَ اَللَّهِ. فَقَالَ : اِذْهَبْ إِلَى أَهْلِكَ , فَانْظُرْ
هَلْ تَجِدُ شَيْئًا ? فَذَهَبَ , ثُمَّ رَجَعَ ? فَقَالَ : لَا , وَاَللَّهِ يَا
رَسُولَ اَللَّهِ، مَا وَجَدْتُ شَيْئًا. فَقَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه
وسلم انْظُرْ وَلَوْ خَاتَمًا مِنْ حَدِيدٍ، فَذَهَبَ، ثُمَّ رَجَعَ. فَقَالَ :
لَا وَاَللَّهِ , يَا رَسُولَ اَللَّهِ , وَلَا خَاتَمًا مِنْ حَدِيدٍ , وَلَكِنْ
هَذَا إِزَارِي – قَالَ سَهْلٌ : مَالُهُ رِدَاءٌ – فَلَهَا نِصْفُهُ. فَقَالَ رَسُولُ
اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم مَا تَصْنَعُ بِإِزَارِكَ ? إِنْ لَبِسْتَهُ لَمْ
يَكُنْ عَلَيْهَا مِنْهُ شَيْءٌ، وَإِنْ لَبِسَتْهُ لَمْ يَكُنْ عَلَيْكَ شَيْءٌ
فَجَلَسَ اَلرَّجُلُ , وَحَتَّى إِذَا طَالَ مَجْلِسُهُ قَامَ ; فَرَآهُ رَسُولُ
اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم مُوَلِّيًا , فَأَمَرَ بِهِ , فَدُعِيَ لَهُ ,
فَلَمَّا جَاءَ. قَالَ : مَاذَا مَعَكَ مِنَ الْقُرْآنِ ? قَالَ : مَعِي سُورَةُ
كَذَا , وَسُورَةُ كَذَا , عَدَّدَهَا فَقَالَ : تَقْرَؤُهُنَّ عَنْ ظَهْرِ قَلْبِكَ
? قَالَ : نَعَمْ , قَالَ : اِذْهَبْ , فَقَدَ مَلَّكْتُكَهَا بِمَا مَعَكَ مِنَ
الْقُرْآنِ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ , وَاللَّفْظُ لِمُسْلِمٍ وَفِي رِوَايَةٍ لَهُ :
( اِنْطَلِقْ , فَقَدْ زَوَّجْتُكَهَا , فَعَلِّمْهَا مِنَ الْقُرْآنِ ) وَفِي
رِوَايَةٍ لِلْبُخَارِيِّ : ( أَمْكَنَّاكَهَا بِمَا مَعَكَ مِنَ الْقُرْآنِ
)
Sahal Ibnu Sa’ad
al-Sa’idy R.hu. berkata: Ada seorang wanita menemui Rosululloh saw.dan berkata:
Wahai Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam, aku datang untuk menghibahkan
diriku pada baginda. Lalu Rosululloh saw.memandangnya dengan penuh perhatian,
kemudian beliau menganggukkan kepalanya. Ketika perempuan itu mengerti bahwa
beliau tidak menghendakinya sama sekali, ia duduk. Berdirilah seorang shahabat
dan berkata: “Wahai Rasulullah, jika baginda tidak menginginkannya, nikahkanlah
aku dengannya. Beliau bersabda: “Apakah engkau mempunyai sesuatu?” Dia
menjawab: Demi Allah tidak, wahai Rasulullah. Beliau bersabda: “Pergilah ke
keluargamu, lalu lihatlah, apakah engkau mempunyai sesuatu.” Ia pergi, kemudian
kembali dam berkata: Demi Allah, tidak, aku tidak mempunyai sesuatu. Rosululloh
saw.bersabda: “Carilah, walaupun hanya sebuah cincin dari besi.” Ia pergi, kemudian
kembali lagi dan berkata: Demi Allah tidak ada, wahai Rasulullah, walaupun
hanya sebuah cincin dari besi, tetapi ini kainku -Sahal berkata: Ia mempunyai
selendang -yang setengah untuknya (perempuan itu). Rosululloh saw.bersabda:
“Apa yang engkau akan lakukan dengan kainmu? Jika engkau memakainya, Ia tidak
kebagian apa-apa dari kain itu dan jika ia memakainya, engkau tidak kebagian
apa-apa.” Lalu orang itu duduk. Setelah duduk lama, ia berdiri. Ketika Rosululloh
saw.melihatnya berpaling, beliau memerintah untuk memanggilnya. Setelah ia
datang, beliau bertanya: “Apakah engkau mempunyai hafalan Qur’an?” Ia menjawab:
Aku hafal surat ini dan itu. Beliau bertanya: “Apakah engkau menghafalnya di
luar kepala?” Ia menjawab: Ya. Beliau bersabda: “Pergilah, aku telah berikan
wanita itu padamu dengan hafalan Qur’an yang engkau miliki.” Muttafaq Alaihi
dan lafadznya menurut Muslim. Dalam suatu riwayat: Beliau bersabda padanya:
“berangkatlah, aku telah nikahkan ia denganmu dan ajarilah ia al-Qur’an.”
Menurut riwayat Bukhori: “Aku serahkan ia kepadamu dengan (maskawin) al-Qur’an
yang telah engkau hafal.”
Hadis 41
وَعَنْ أَبِي بُرْدَةَ بْنِ أَبِي مُوسَى ,
عَنْ أَبِيهِ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( لَا نِكَاحَ
إِلَّا بِوَلِيٍّ ) رَوَاهُ أَحْمَدُ وَالْأَرْبَعَةُ وَصَحَّحَهُ اِبْنُ
اَلْمَدِينِيِّ , وَاَلتِّرْمِذِيُّ , وَابْنُ حِبَّانَ , وَأُعِلَّ بِالْإِرْسَالِ
Dari Abu Burdah Ibnu Abu
Musa, dari ayahnya R.hu. bahwa Rosululloh saw.bersabda: “Tidak sah nikah
kecuali dengan wali.” Riwayat Ahmad dan Imam Empat. Hadits sohih menurut Ibnu
al-Madiny, Tirmidzi, dan Ibnu Hibban. Sebagian menilainya hadits mursal.
Hadis 42
وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ :
قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( أَيُّمَا اِمْرَأَةٍ نَكَحَتْ
بِغَيْرِ إِذْنِ وَلِيِّهَا, فَنِكَاحُهَا بَاطِلٌ, فَإِنْ دَخَلَ بِهَا فَلَهَا
اَلْمَهْرُ بِمَا اِسْتَحَلَّ مِنْ فَرْجِهَا, فَإِنِ اشْتَجَرُوا فَالسُّلْطَانُ
وَلِيُّ مَنْ لَا وَلِيَّ لَهُ ) أَخْرَجَهُ اَلْأَرْبَعَةُ إِلَّا النَّسَائِيَّ,
وَصَحَّحَهُ أَبُو عَوَانَةَ , وَابْنُ حِبَّانَ وَالْحَاكِمُ
Dari ‘Aisyah R.hu. bahwa Rosululloh
saw.bersabda: “Perempuan yang nikah tanpa izin walinya, maka nikahnya batil.
Jika sang laki-laki telah mencampurinya, maka ia wajib membayar maskawin untuk
kehormatan yang telah dihalalkan darinya, dan jika mereka bertengkar maka
penguasa dapat menjadi wali bagi wanita yang tidak mempunyai wali.” Dikeluarkan
oleh Imam Empat kecuali Nasa’i. Hadits sohih menurut Ibnu Uwanah, Ibnu Hibban,
dan Hakim.
Hadis 43
عَنْ سَعْدِ بْنِ اَبِى وَقَّاصٍ قَالَ: رَدَّ رَسُوْلُ
اللهِ ص عَلَى عُثْمَانَ بْنِ مَظْعُوْنٍ التَّبَتُّلَ وَ لَوْ اَذِنَ لَهُ
َلاخْتَصَيْنَا. احمد و البخارى و مسلم
Dari Sa’ad bin Abu Waqqash ia berkata, Rosululloh saw.
pernah melarang ‘Usman bin Madh’un membujang dan kalau sekiranya Rasulullah
mengijinkannya tentu kami berkebiri. (Hr. Ahmad, Bukhori dan Muslim(
Hadis 44
عَنْ اَنَسٍ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: مَنْ
رَزَقَهُ اللهُ امْرَأَةً صَالِحَةً فَقَدْ اَعَانَهُ عَلَى شَطْرِ دِيْنِهِ،
فَلْيَتَّقِ اللهَ فِى الشَّطْرِ اْلبَاقِى. الطبرانى فى الاوسط و الحاكم. و قال
الحاكم صحيح الاسناد
Dari Anas RA, bahwasanya Rosululloh saw.
telah bersabda,“Barangsiapa yangAllah telah memberi rezqi kepadanya berupa
istriyang shalihah, berarti Allah telah menolongnya pada separoagamanya. Maka
bertaqwalah kepada Allah untuk separo sisanya”.[HR. Thabrani di dalam Al
Ausath, dan Hakim. Hakim berkata, “Sohih sanadnya]
Hadis 45
عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص
قَالَ: اَلْمُؤْمِنُ اَخُو اْلمُؤْمِنِ فَلاَ يَحِلُّ لِلْمُؤْمِنِ اَنْ يَبْتَاعَ
عَلَى بَيْعِ اَخِيْهِ وَ لاَ يَخْطُبَ عَلَى خِطْبَةِ اَخِيْهِ حَتَّى يَذَرَ.
احمد و مسلم
Dari ‘Uqbah bin ‘Amir, bahwasanya Rosululloh saw.
bersabda, “Orang mukmin itu saudara orang mukmin yang lain, maka tidak halal
bagi seorang mukmin menawar atas tawaran saudaranya, dan tidak boleh ia
meminang atas pinangan saudaranya sehingga saudaranya itu meninggalkannya”.
[HR. Ahmad dan Muslim]
Hadis 46
عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رض
اَنَّهُ سُئِلَ عَنِ الرَّجُلِ يُطَلّقُ ثُمَّ يُرَاجِعُ وَ لاَ يُشْهِدُ.
فَقَالَ: اَشْهِدْ عَلَى طَلاَقِهَا وَ عَلَى رَجْعَتِهَا ابو داود هكذا موقوفا، و
سنده صحيح
Dari ‘Imran bin Hushain
RA, bahwasanya ia ditanya tentang laki-laki yang menthalaq istrinya, kemudian
merujukinya dengan tanpa saksi, ia berkata, “Hendaklah kamu saksikan pada
thalaqnya dan pada rujuknya”. [Demikian diriwayatkan oleh Abu Dawud, mauquf dan
sanadnya sohih]
Hadis 47
عَنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَّ غَيْلاَنَ بْنَ سَلَمَةَ
الثَّقَفِيَّ اَسْلَمَ وَ تَحْتَهُ عَشْرُ نِسْوَةٍ فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ ص:
اِخْتَرْ مِنْهُنَّ. وَ فِى لَفْظٍ: اَمْسِكْ اَرْبَعًا. وَ فَارِقْ سَائِرَهُنَّ.
الشافعى و ابن ابى شيبة و احمد و الترمذى و ابن ماجه و الدارقطنى و البيهقى
Dari Ibnu 'Umar bahwasanya Ghailan bin
Salamah Ats-Tsaqafiy masuk Islam dan ia mempunyai 10 istri. Maka Nabi SAW
bersabdakepadanya, "Pilihlah diantara mereka". Dalam lafadh lain,
"Pakailah4 orang, dan cerailah yang lainnya !". [HR. Syafi'i, Ibnu
Abi Syaibah, Ahmad, Tirmidzi Ibnu Majah, Daruquthni dan Baihaqi]
Hadis 48
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كَانَ
رَسُوْلُ اللهِ ص مَا مِنْ يَوْمٍ اِلاَّ وَ هُوَ يَطُوْفُ عَلَيْنَا جَمِيْعًا
امْرَأَةً امْرَأَةً فَيَدْنُوْ وَ يَلْمَسُ مِنْ غَيْرِ مَسِيْسٍ حَتَّى يُفْضِيَ
اِلَى الَّتِى هُوَ يَوْمُهَا فَيَبِيْتُ عِنْدَهَا. احمد و ابو داود بنحوه
Dari 'Aisyah R.HA.ia berkata, "Adalah
Rosululloh saw. tidak pernah ada satu hari kecuali beliau mesti mengelilingi
kami seluruhnya, seorang demi seorang, kemudian beliau mendekat dan
memegang-megang tanpa bercampur sehingga masuklah beliau kepada (istri) yang
hari itu menjadi gilirannya, lalu beliau bermalam di situ". [HR. Ahmad dan
Abu Dawud juga meriwayatkan seperti itu]
Hadis 49
عَنْ اَبِى سَعِيْدٍ رض اَنَّ
النَّبِيَّ ص قَالَ: اِنَّ مِنْ شَرِّ النَّاسِ عِنْدَ اللهِ مَنْزِلَةً يَوْمَ
اْلقِيَامَةِ الرَّجُلَ يُفْضِيْ اِلَى اْلمَرْأَةِ وَ تُفْضِيْ اِلَيْهِ، ثُمَّ
يَنْشُرُ سِرَّهَا. احمد و مسلم
Dari Abu Sa’id RA,
bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya seburuk-buruk manusia dalam
pandangan Allah pada hari qiyamat nanti adalah laki-laki yang bersetubuh dengan
istrinya dan perempuan yang bersetubuh dengan suaminya kemudian menyiarkan
rahasianya”. [HR. Ahmad dan Muslim]
Hadis 51
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص:
لَوْ اَنَّ اَحَدَهُمْ اِذَا اَرَادَ اَنْ يَأْتِيَ اَهْلَهُ قَالَ: بِسْمِ اللهِ،
اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَ جَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا.
فَاِنَّهُ اِنْ يُقَدَّرْ بَيْنَهُمَا وَلَدٌ فِى ذلِكَ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْطَانٌ
اَبَدًا. مسلم
Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata : Rosululloh
saw. bersabda, “Apabila salah seorang diantara mereka akan menggauli istrinya
membaca “Bismillaah, Alloohumma jannibnasy syaithoona wa jannibisy syaithoona
maa rozaqtanaa” (Dengan nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari syaithan dan
jauhkanlah syaithan dari apa yang Engkau rezqikan kepada kami). Maka jika
ditaqdirkan dari hubungan itu lahir seorang anak, syaithan tidak akan
membahayakannya selamanya. [HR. Muslim]
Hadis 52
قَالَ عَلِيٌّ: كُلُّ الطَّلاَقِ جَائِزٌ اِلاَّ طَلاَقَ
اْلمَعْتُوْهِ. البخارى فى صحيحه
Ali R.HU.berkata : Setiap thalaq dipandang
jatuh kecuali thalaqnya orang yang tidak normal akalnya”. [HR. Bukhori dalam
kitab sohihnya]
Hadis 53
عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رض اَنَّهُ سُئِلَ عَنِ
الرَّجُلِ يُطَلّقُ ثُمَّ يُرَاجِعُ وَ لاَ يُشْهِدُ. فَقَالَ: اَشْهِدْ عَلَى
طَلاَقِهَا وَ عَلَى رَجْعَتِهَا. ابو داود هكذا موقوفا، و سنده صحيح
Dari ‘Imran bin Hushain RA, bahwasanya ia
ditanya tentang laki-laki yang menthalaq istrinya, kemudian merujukinya dengan
tanpa saksi, ia berkata, “Hendaklah kamu saksikan pada thalaqnya dan pada
rujuknya”. [Demikian diriwayatkan oleh Abu Dawud, mauquf dan sanadnya sohih]
Barokalloh...
1 Komentar
Ngopi nag endi cak. Melok po'o
BalasHapus