Uniknya Indonesia Jawa Timur


Negara kita Indonesia memiliki banyak sekali keunikan, di antaranya adat dan budaya, flora dan faunanya, penduduk dan bentang alamnya.  Di Jawa Timur sendiri terdapat banyak hal yang sangat mengagumkan di antaranya tempat-tempat wisata yang menarik dan tradisi adat yang mengagumkan. Beberapa hal yang unik dari Jawa Timur;


1.       Madura
Wahh.. sepertinya sudah tidak aing lagi kita dengan kata-kata ini. Hampir seluruh wilayah Indonesia ada penduduk maduranya. Orang-orang Madura terkenal dengan kecerdasannya dalam berwira usaha, hampir rata-rata saingan orang cina adalah orang Madura, semua benda di mata orang Madura bisa menjadi uang. Di Suroboyo sendiri, rata-rata pasar dikuasai oleh orang Madura dan cina. Beberapa hal yang menarik dari daerah ini adalah tradisi karapan sapi, sate, bebek gorengnya, wisata api abadi, dan persaudaran yang erat tanpa tepi.

2.       Gunung Bromo
Wisata gunung yang satu ini sangat menarik untuk dikunjungi, banyak hal yang bisa didapat ketika kita berkunjung di gununng bromo. Lautan pasir yang tenang, merupakan salah satu tempat pusat ibadah penganut agama hindu, dan puncak yang indah ketika melihat matahari terbit berasa di atas Negara awan, harum Bunga edelewis, dan anggringnya naik kuda.

3.       Pantai-pantai yang indah
Beberapa pantai yang menjadi tujuan wisata  pilihan adalah: Pantai Palengkung-Banyuwangi dan Pantai Noko-Pulau Bawean Gresik.

4.       Reog Ponorogo
Kesenian ini sudah menjadi kesenian yang sangat terkenal di kalangan warga Jawa Timur. Topeng macan yang berhias dengan bulu burung merak yang indah menjadi menarik ketika berputar-putar ditengah lapangan.

5.       Kota Batu Malang.
Banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi, cuaca suhu yang dingin menyelimuti indahnya hijau tanaman segar di bukit tanah dan bebatuan yang ada. Air terjun dan sungai-sungai bening yang mengalir, dan kebun tanaman segar yang siap panen.

6.       Kuliner
Janngan lupa mampir Jawa Timur kurang afdlol jika belum mencicipi nikmatnya rawon dan rujak cingur, lezatnya nasi pecel,sedapnya sate dan soto Madura, oleh-oleh otak-otak bandeng, wingko Babat, segarnya apel malang, dan minuman es dawet, Legen dan Siwalan Kota Tuban, manis segarnya tape Bondowoso.

7.       tokoh
Beberpa pahlawan dan tokoh-tokoh hebat di Jawa Timur di antaranya; Soekarno, 4 dari 9 wali di pulau Jawa, Sutomo (bung tomo), H.O.S. Tjokroaminoto, Setyabudi, Dr. Soetomo, K.H. Mas Mansyur, K.H. Abdul Wahid Hasyi, K.H. Hasjim Asjari, Gurbernur Surjo, Let.Jen.TNI.Anm.M.T.  Harjono, WR. Supratman, dan masih banyak lagi.

Indonesia kaya akan suku, adat, dan budaya, hewan eksotis, tumbuhan yang indah, pulau-pulau dengan pantai yang dihiasi trumbu karang ikan, kerang, dan hewan kecil pantai lainnya, dengan dibalut rimbunnya pepohonan bakau yang di atasnya ada burung-burung berkicau berkembang  hidup bedampingan dengan makhluk lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar