Jangan Sombong

Pada dasarnya manusia itu pasti mempunyai rasa sombong. Dan rasa sombong itulah rasa yang bisa menjerumuskan dalam kesesatan. Contohnya banyak. Misalnya orang sombong tidak membutuhkan bantuan orang lain. Orang sombong tidak memedulikan orang lain. Orang sombong tidak mengakui apa yang telah diperbuatnya.


Kata sombong memunyai kata atau huruf yang sangat sedikit, namun bisa membuat kita lalai kepadaNYA. Karena itu, kata sombong sungguh sangat berbahaya. Misal jika kita di masyarakat, pastinya banyak orang yang berbicara tentang tetangganya atau saudaranya sendiri tentang kesombongan. Nah, disitulah kita harus belajar banyak untuk menanggapi hal yang seperti itu karena apa yang dibicarakan belum tentu benar.

Contoh kesombongan yang jarang kita sadari, misalnya seorang pemimpin tidak akan bisa memimpin jika tidak ada yang dipimpin. Namum kata pemimpin ini bisa menjadi sombong kalau pemimpin itu mengeluarkan kata "jika tidak ada aku pemimpinnya, tidak akan ada yang bisa memimpin.

Nah, kata “aku” di dalam kalimat tersebut adalah sebuah kesombongan yang sangat berbahaya dan membuat lalai kepada Alloh .

Posting Komentar

0 Komentar