Musik


Siapa yang gak suka musik. Hampir semua orang suka musik. Mulai dari anak-anak sampai dewasa manula juga banyak yang suka musik. Musik sangat berpengaruh di kehidupan manusia. Di islampun musik juga ada. Manfaat musik bagi kehidupan manusia banyak. Ada yang digunakan dalam hal pemujaan, atau ritual penyembahan. Ada yang dibuat untuk sekedar hiburan, pelajaran, dan terapi kesehatan.

Ketika masih di bangku SMP, aku baru tau, apa itu musik kata pak guru mata pelajaran seni, seni musik itu gagasan atau perasaan yang estetika, diungkapkan dalam bentuk suara atau bunyi-bunyian. Sejak kecil memang suka dengan yang namanya musik. Hampir setiap hari selalu  melihat video lagu-lagu anak ketika pagi dan sore. Dan setiap minggunya minta ganti beli CD baru di pasar. Hingga besarpun suka musik. Ketika SD, karena ada kegiatan musik islami, ya ikut aja. SMP ada drumband ikut, di SMA ada musik Gambus, ikut ae. Namanya suka.

Dan ini menurut beberapa orang, tentang musik:

1.       Rikhwan rifa’i
Sejak kecil Rikhwan sangat menyukai hampir semua kesenian. Dan menurutnya Musik itu salah satu bentuk seni suara yang mana manusia butuh untuk mengekspresikan perasaannya, atau hanya sebuah pelarian sebagai penghibur diri.

2.       Brill Ghewa
Hampir semua musik tradisional dan modern bisa ia mainkan, sekaligus pelatih group vokal di Unitomo dan anggota paduan suara grejea ini menjelaskan tentang musik bahawa, musik itu adalah seni bunyi. Unsur bunyi. Kemampuan seseorang untuk bisa mengolah bunyi. Pengaruhnya bagi manusia adalah lebih pada sisi psikologisnya. Musik bisa dipakai sebagai penenang disaat emosi. Atau bahkan membakar emosi disaat tenang.

3.       Syafiqurrohman
Menurutnya.. seni musik itu; mengolah bunyi, yang dimana bisa mempengaruhi seseorang bisa menjadi senang atau tersiksa, memprovokasi dalam hal baik bahkan buruk. Itu musik. Dan menurutnya apabila dengan musik kita bisa menjadi bisa lebih dekat dengan Alloh. Maka musik dalam islam itu boleh. Karena apa-apa yang bisa mendekatkan kita kepada Alloh, maka baik untuk dilakukan. Dan jikalau ada hadis yang mengharamkan tentang musik, lihat dulu asbabul wurudnya, kanapa hadis tersebut ada atau turun. Apa yang tidak dilarang agama, maka itu hukumnya boleh.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990: 602) Musik adalah: ilmu atau seni menyusun nada atau suara diutarakan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai keseimbangan dan kesatuan, nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

Bersambung...

Posting Komentar

0 Komentar